Bohlam lampu belakang vario 125 esp sering putus

image

Kalo kalian ngeh, ga jarang bohlam lampu belang vario 125 banyak yang mati sebelah.

image

Over voltage atau kualitas bohlam?

Ketika gue buka itu bohlam dari bracketnya, guosong mas bro, kepanasan ada indikasi over voltage, ditambag lagi dengan gue ganti bohlam, tetep kasusnya sama aja.
Parahnya ga cuma gue doang, sering banget liat vario 125 esp lampu belakangnya mati sebagian.
Nah, gue ada dedikit tips nih ketika gue dikit-dikit belajar elektro dari situsnya mazped.com yaitu dikasih resistor, ya meski disitusnya tertulis untuk tipe led, tapi prinsipnya sama saja, yaitu menahan sebagian tegangan listrik.

Wkwk udah gitu aja, selebihnya sih masih banyak kelemahan vario dari jaman awal sampe skrg, tapi dicicil dulu.

6 respons untuk ‘Bohlam lampu belakang vario 125 esp sering putus

  1. Hahaha..klo resistor beda satu warna aja beda nilainya bro…dan utk harganya memang murah cuma Rp.50-100/pcs..dan utk yg 22ohm warnanya merah,merah,hitam,emas/perak….

    Suka

    1. yg 22ohm untuk pas nya, boleh lebih kecil atau lebih besar asal ga terlalu signifikan bedanya, warna gelangnya saya ga ngrtti, pas saya cocokin ternyata warna gelangnya bisa beda2 untuk ohm yg sama.

      Suka

  2. Selamat siang mas
    Saya pengguna vario 125 led, mengalami masalah lampu rem sering mati. Mau tanya klo resistor itu belinya di toko spare part motor / toko listrik ya ?
    Thank you

    Suka

    1. Di toko elektronik om, dr rp.500 – 1000. Kalo sudah ketemu, bisa bongkar aja alat elektronik dirumah yg udah rusak, buka dalemnya, rata2 perangkat elektronik ada resistornya, contoh charger hp, remot tv dll. Untuk warna dan tipe resistornya, ga apa berbeda dari yg saya posting, asalkan fungsi resistor itu masih benar dan tidak rusak.

      Suka

Tinggalkan komentar