Kisah tak manis nokia, sony & blackberry

Apa yang dapat membuat suatu perusahan menjadi berkembang? Perubahan… Kearah yang benar.

image

Apa yang dilakukan oleh sony setelah android menjadi os yang paling banyak digunakan? Ya, sony pun menggunakan android dan meninggalkan symbian.

Lalu samsung, dulu mereka membanggakan os nya sendiri yaitu tizen, namun apa? Tetap android mampu membuat mereka menjadi merek produsen ponsel besar dunia. Tahun ini samsung kembali memproduksi ponsel berbasis tizen, namun bukan rahasia lagi, tizen yang sekarang ga kaya tizen yang dulu, pasti akan banya adopsi android didalamnya yang memungkinkan banyakn kemiripan dengan android, namun samsung masih bersikap rasional, produk tizen baru mereka hanya sebatas entry level dengan harga murah.

image

Dan apa yang dilakukan nokia?
Mereka sama-sama melakukan perubahan, sama-sama meninggalkan symbian seperti sony, namun… Mereka berubah bukan untuk menjadi apa yang dibutuhkan oleh konsumen, melainkan ingin menjadi trend baru selain android. Apa yang nokia dapat? Mereka berubah nama menjadi microsoft, ya, mereka telah diakuisisi oleh microsoft karena perkembangan bisnis perangkat ponselnya tidak membaik setelah memilih untuk memproduksi smartphone windows mobile, lalu apa setelah di akuisisi oleh microsoft nokia mampu menjadi raja lagi? Emm. Enggak wkwk tahun ini nokia dijual lagi oleh microsoft kepada anak perusahaan foxcon, sempat mengeluarkan produk berbasis android, tapi bagi gue, itu produk rendah dengan kualitas payah.

Blackberry?
I know. Is hard to try. Tapi blackberry masih mampu untuk bertarung sampai sekarang, perubahan baru untuk os bb10 mereka memungkinkan aplikasi android dapat terinstal, dan dengan perubahanya lainya, yaitu ponsel baru, adalah blackberry dtek, mereka menawarkan android dengan keamanan yang lebih terjamin, tapi apa lagi? Bukan itu juga yang konsumen inginkan, untuk apa membeli sebuah blackberry dtek yang nyatanya hanya sebuah produk rebranding ditambah minor upgrade yang kurang menarik minat, ditambah lagi blackberry membandrol produk terbarunya ini hampir setara produk unggulan apple & samsung.

Who need blackberry?
Untuk apa keamanan? Apakah apple dengan iphonenya tidak mampu memberikan kemanan yang cukup bagi konsumen? Lalu mengapa mereka selalu menjadi brand kelas atas hanya dengan 1 buah produknya? Lagi-lagi sama seperti nokia, blackberry tidak memberikan apa yang konsumen inginkan.

image

Menjadi untuk mampu menerima kemajuan memang tidak semudah daripada mengikuti keyakinan yang timbul dari diri sendiri. Namun, selalu tidak pernah berjalan baik ketika lo mencoba sesuatu yang udah pernag lo coba dan gagal.
Mengulangi kegagalan itu ga bikin nyantai wkwk

Bhay bhay!

image

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s